image : RSIA kendangsari

4 Tips penting mengatasi anak tidak suka nasi

solusi untuk anak- anak yang tidak suka nasi

Nasi merupakan sumber energi dan karbohidrat untuk semua orang, tidak lain anak- anak. Tetapi, tidak sedikit anak yang tidak menyukai nasi ya. Perihal ini cukup membuat ibu- ibu pusing. Bagaimana metode mengatasi anak yang tidak suka akan nasi?

Di Indonesia, nasi merupakan santapan utama yang biasa disantap tiap hari. Ide“ tidak makan kalau tidak makan nasi” sepertinya sudah mendarah daging di pikiran banyak orang Indonesia. Akhirnya, banyak orang tua yang khawatir bila buah hatinya tidak suka makan nasi.

Penyebab anak tidak suka makan nasi

Umumnya anak umur balita masih dalam proses tumbuh kembang termasuk sensory dalam mulutnya. Oleh sebab itu, anak cenderung pilih- pilih makanan sesuai dengan komposisi dan rasa yang lebih menyenangkan di mulutnya.

👉 Trending Topic :   Tips Makan Sehat Anak Kos, mulai dari memperbanyak sayuran sampai menghindari makanan instan

Terdapat beberapa alasan yang bisa menyebabkan anak tidak suka makan nasi, antara lain sebagai berikut.

  • Ia bisa jadi terlalu sering komsumsi makanan dengan rasa yang lebih tajam seperti permen ataupun makanan kecil asin, sehingga rasa nasi yang tawar jadi tidak menarik lagi baginya.
  • Anak banyak komsumsi camilan sehingga merasa kenyang dan tidak lagi mencari makanan utama.
  • Si kecil tidak suka dengan komposisi nasi yang lembut dan lebih tertarik dengan makanan yang renyah.
  • Anak jenuh dengan menu nasi setiap hari.

Panduan mengatasi anak tidak suka nasi

1. Buat Variasi olahan Nasi

Kala Sang Kecil dihidangkan nasi kemudian menolak, janganlah segera menganggap ia tidak suka nasi. Bisa jadi Sang Kecil hanya muak dengan nasi yang diberikan

Bila ini perkaranya, Ibu harus lebih bervariasi saat memasak nasi, misalnya membuat nasi jadi nasi uduk ataupun nasi kuning. Ibu juga dapat memakai pewarna alami lain untuk mewarnai nasi, seperti jus bit untuk warna merah serta kuning telur untuk warna kuning.

👉 Trending Topic :   7 Tips merawat gigi anak sejak dini yang mudah dilakukan

Tidak hanya itu, Ibu dapat membuat nasi menjadi bola- bola ataupun bermacam bentuk lucu yang lain, sehingga membangkitkan kemauan sang Kecil untuk menyantapnya.

2. Menambah rasa

Rasa asli nasi cenderung hambar. Untuk menambah nafsu makan sang kecil pada nasi, Ibu juga dapat menambahkan penyedap rasa pada nasi, misalnya dengan mengganti air untuk memasak nasi dengan kuah kaldu atau santan.

Selain itu, bila Ibu ingin menambahkan aroma wangi pada nasi, Ibu dapat menambahkan sedikit air jeruk nipis ataupun menambahkan daun pandan serta bawang putih disaat memasak nasi.

3. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Penting untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Jangan jadikan makanan anak sebagai momen adu mulut antara ibu dan anak, ya.

Sebelum membagikan nasi Sang Kecil, cermati apakah ia betul- betul lapar atau tidak. Jika tidak lapar, nasi atau menu makanan apa saja yang ibu masak, belum tentu mau menyentuhnya.

Bila si kecil lapar, cobalah untuk makan bersama si kecil, karena siapa tahu, makan bersama bisa mendorong si kecil untuk makan lebih Banyak.

👉 Trending Topic :   5 Teknik Latihan Pernafasan Untuk meningkatkan fungsi paru paru

4. Sumber karbohidrat selain nasi

Bila sudah menerapkan tips di atas, tapi sang kecil tetap tidak ingin makan nasi, janganlah terlalu cemas, Bun. Anak- anak tidak suka nasi bukan masalah yang dibesar- besarkan.

bila anak tidak suka makan nasi sebenarnya bukanlah hal yang beresiko. Asalkan bunda memberikan sumber karbohidrat yang lain sebagai pengganti. Meski memang nasi merupakan makanan utama warga Indonesia, perlu bunda ketahui jika nasi bukanlah salah satunya sumber karbohidrat.

Untuk memastikan Sang Kecil senantiasa mendapat energi, karbohidrat, serta nutrisi yang lain, Ibu dapat memberinya beberapa makanan seperti Kentang, Jagung, Oatmeal, Ubi jalar serta singkong