Image : freepik

Ngantuk setelah berolahraga, apakah normal?

Merasa ngantuk sehabis berolahraga merupakan hal yang amat wajar serta tidaklah suatu yang perlu dikhawatirkan. Hal itu biasa terjadi setelah kalian memaksakan fisik untuk beraktivitas yang lebih berat dari biasanya.

Kalian bisa jadi akan terasa lebih mengantuk jika olahraga yang dilakukan tergolong latihan intensitas tinggi. Itu akan membuat energi terkuras serta membuat kamu merasa letih setelahnya.

Sebaliknya, berolahraga ringan seperti jalur santai umumnya tidak akan membuat seseorang lelah. Tetapi, ini semua terkait pada kondisi masing- masing.

Umumnya kondisi ini dipengaruhi oleh tingkat kebugaran, kecukupan asupan air, sampai kualitas tidur di waktu sebelumnya.

Kenapa dapat terjadi?

Ngantuk setelah berolahraga merupakan respons alami badan kepada aktivitas yang baru saja kalian lakukan. Disaat olahraga, otot serta tulang akan berkontraksi berulang kali. Perihal itu mengakibatkan peningkatan molekul adenosin trifosfat( ATP) untuk menghasilkan kontraksi tersebut.

👉 Trending Topic :   5 jawaban dari kekhawatiran jika anda baru memulai jogging

Setelah beberapa menit berolahraga, kandungan ATP akan menurun. Kemampuan otot juga akan menurun, alhasil kalian mudah merasa letih sesudahnya. Situasi itu disebut dengan keletihan primer( peripheral fatigue).

Tidak hanya itu, sistem saraf pusat di otak juga turut andil membuat kamu ngantuk setelah berolahraga. Setelah berolahraga, sistem saraf pusat secara berulang mengeluarkan sinyal untuk mengaktifkan otot.

Di waktu yang nyaris bersamaan, berolahraga bisa meningkatkan pembebasan berbagai hormon semacam serotonin serta dopamin. Ini akan berikan efek kantuk setelah berolahraga.

Aspek serta penyebab ngantuk setelah olahraga

Tidak hanya mekanisme di atas, terdapat banyak hal lain yang dapat membuat kamu merasa letih dan ngantuk setelah olahraga. Mulai dari olahraga yang lebih berat dari biasanya, kurang cairan, sampai tidak mempunyai kualitas tidur yang baik.

Olahraga di waktu yang tidak tepat

Badan memiliki ritme sirkadian, yaitu cara adaptasi dalam menjalankan kebiasaan, pada umumnya dipengaruhi oleh terang( siang) serta gelap( malam). Ini berkaitan dengan tekanan darah serta detak jantung.

👉 Trending Topic :   6 Makanan Pengencer Darah secara alami yang harus kamu ketahui

Olahraga di waktu yang tidak biasanya dapat membuat kamu mengantuk. Contoh burung hantu yang akan kesusahan memusatkan perhatian disaat beraktivitas di pagi hari, sebab memang terbiasa hidup di malam hari.

Tidur tidak berkualitas

Tidur serta olahraga berjalan beriringan. Bagi Johns Hopkins Medicine, berolahraga teratur teruji bisa tingkatkan mutu tidur di malam hari. Di sisi lain, mutu tidur yang tidak bagus juga dapat buat kamu rentan mengantuk disaat beraktivitas berat di pagi ataupun siang hari.

Tidak hanya itu, bagi National Sleep Foundation, tidur yang cukup mampu mengembalikan energimu. Olahraga di disaat badan kekurangan energi bisa membuatmu mengantuk.

Situasi medis tertentu

Walaupun jarang, timbulnya rasa kantuk setelah beraktivitas berat seperti berolahraga dapat mengindikasikan terdapatnya kendala medis tertentu, misalnya sleep apnea.

Sleep apnea sendiri merupakan gangguan tidur berupa berhentinya napas beberapa detik saat kalian terlelap. Orang yang menderita sleep apnea akan rentan mengantuk di siang hari.

Kekurangan asupan cairan

Minum cukup air merupakan hal yang penting dalam menempuh aktivitas harian, terlebih saat olahraga. Pada saat berolahraga, badan akan kehabisan banyak cairan melalui keringat. Bila kandungan cairan di dalam tubuh tidak memenuhi, kalian rentan terkena dehidrasi.

👉 Trending Topic :   Metabolisme dan penurunan berat badan: bagaimanakah cara meningkatkan kalori yang dibakar?

Diambil dari halaman University of Utah, kehilangan cairan tubuh dapat membuat kamu merasa lelah, terutama setelah melaksanakan aktivitas berat seperti olahraga.

Sangat memaksakan diri

Beberapa orang tertantang untuk melaksanakan olahraga berat, termasuk yang sebenarnya belum sempat dilakukan. Semakin dipacu, badan akan memakai lebih banyak ATP untuk menciptakan energi supaya bisa terus bergerak. Efeknya, kalian akan mudah mengantuk setelah itu.

Gimana metode mengatasinya?

Hal yang dapat kalian lakukan agar tidak ngantuk sehabis olahraga adalah dengan mempraktikkan langkah- langkah pencegahan, seperti:

  • Jangan paksakan diri serta sesuaikan tipe olahraga dengan kemampuan tubuh
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Pastikan untuk memiliki tidur yang bermutu dengan lama 7- 9 jam per hari
  • Untuk kasus yang diakibatkan oleh situasi medis, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan solusi