Merebus Sayuran Terlalu Lama Akan Beresiko untuk tubuh?

Sudah jadi rahasia umum kalau sayuran ialah menu makanan yang penting untuk memenuhi konsumsi nutrisi tubuh, termasuk sayuran berdaun hijau. Ada beragam kandungan nutrisi di dalam sayuran hijau. Sebut saja protein, lemak, karbohidrat, mineral, antioksidan, serat, air, serta berbagai tipe vitamin.

Sayangnya, metode pengolahan sayuran yang tidak tepat bisa mempengaruhi kandungan nutrisi di dalam sayuran serta juga kesegarannya. Salah satu ilustrasinya merupakan merebus sayuran dengan durasi tidak tepat. Merebus sayuran terlalu lama akan menimbulkan hilangnya kandungan nutrisi di dalamnya. Kemudian, sebaiknya merebus sayuran berapa lama?

Efek Merebus Sayuran Terlalu Lama

Merebus mungkin jadi metode memasak yang sangat direkomendasikan, sebab dianggap bisa melindungi nutrisi di dalam sayuran. walaupun begitu, terlepas dari metode memasak mana yang Kamu pilih, sebuah riset menyatakan bahwa memasak sayuran tertentu dapat mendatangkan khasiat bagi kesehatan.

Dikatakan bahwa memasak wortel, bayam, jamur, asparagus, kubis, serta sayuran yang lain dapat memberikan antioksidan lebih, seperti karotenoid serta asam ferulik. Tetapi, suatu studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengemukakan pendapat yang bertentangan.

👉 Trending Topic :   Ini Alasan Mengapa Telur sering dipilih untuk Membantu Pulih Lebih Cepat dari Covid 19

Menurut riset tersebut, metode memasak sayuran terutama merebus bisa sebagian kandungan vitamin C. Perlu Kamu ketahui, vit C sendiri mudah larut dalam air. Riset yang dicoba kepada tomat itu menemukan kalau ada penurunan isi vit C sampai 10 persen pada durasi masak selama 2 menit. Sedangkan itu, durasi memasak sayur sepanjang 30 menit ditemukan bisa melenyapkan isi vit C sampai 29 persen.

Memang benar bahwa adanya pemanasan saat memasak sayuran bisa mengurangi kadar vitamin serta mineral di dalamnya sampai 15- 20 persen. Terlebih, bila sayuran itu mengandung vit larut air, semacam vit B, vit C, serta asam folat.

Bagi suatu studi yang diterbitkan Journal of Food Research, lama memasak sayuran yang lama bisa menimbulkan paparan terhadap proses oksidatif serta panas lebih lama. Situasi itu pada kesimpulannya akan menimbulkan kandungan beta- karoten hilang lebih banyak.

Berapa Lama Merebus Sayur yang Benar?

Mengetahui kenyataan tersebut, Kamu sebaiknya merebus sayuran berapa lama? Kemudian, bagaimana metode merebus sayur- mayur yang benar?

👉 Trending Topic :   Kenali penyebab penyakit stroke yang bisa menyerang anak muda

Faktanya, belum terdapat rekomendasi yang jelas mengenai waktu yang sempurna untuk merebus sayuran. Di samping itu, merebus sayuran bisa menyebabkan vitamin- vitamin yang larut air luruh ke dalam air rebusan serta terbuang, kecuali apabila sayuran direbus untuk menjadi sediaan menu sup.

Berbeda dengan sayuran lain, misalnya wortel. Wortel ialah sayuran yang kandungan nutrisi beta- karoten di dalamnya bertambah apabila direbus secara utuh. Biarpun begitu, Kamu dapat mengupayakan untuk melindungi kandungan nutrisi di dalam sayur ketika memasaknya.

Sebagian trik memasak sayuran yang dapat dicoba, antara lain:

Kukus

Mengukus merupakan salah satu metode yang sangat baik dalam memasak sayuran. Hal ini karena mengukus hanya membutuhkan durasi singkat dan jumlah air yang sedikit. Apalagi, dengan mengukus, sayuran tidak menyentuh air yang mendidih secara langsung sehingga nutrisi di dalamnya tidak banyak menurun.

Tumis

Menumis bisa dicoba untuk berbagai olahan, serta Kamu dapat memakai minyak yang lebih segar seperti olive oil. Tidak hanya membuat rasa serta aroma masakan lebih khas, olive oil juga tingkatkan penyerapan vitamin larut lemak, seperti vitamin A, D, E, serta K.

👉 Trending Topic :   Baik atau Tidak Berbuka Puasa Dengan Teh Manis?

Panggang

Memanggang makanan yang bagus, ialah menggunakan kuali( griddling) ataupun di dalam dapur( baking atau roasting). Tata cara memanggang tanpa arang baik untuk bermacam sayur- mayur, semacam brokoli, asparagus, bawang bombay, bayam, buncis, serta tomat. Karena proses pemanggangan ini, energi penyerapan antioksidan serta vitamin dari bermacam sayuran itu jadi lebih besar.

Walaupun belum terdapat waktu yang pasti mengenai berapa lama harus merebus sayuran, pastikan Kamu tidak memasaknya terlalu lama. Cermati pula cara memasak sayuran yang tepat.